Analisis Faktor Pendukung dan Penghambat Penerapan Inovasi Pelayanan Kependudukan di Kantor Desa oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lombok Utara

Analysis of Supporting and Inhibiting Factors in Application Innovations of Population Service at the Village Office by the Department of Population and Civil Registration of North Lombok Regency

https://doi.org/10.46601/juridicaugr.v4i2.221

Authors

Keywords:

Inovasi,Pelayanan Kependudukan, Pencatatan Sipil

Abstract

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lombok Utara merupakan Dinas yang yang bertanggung jawab dalam melakukan pelayanan kependudukan, sehingga dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat menerapkan inovasi pelayanan kependudukan dengan pelayanan dari Desa. Penelitian  ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan inovasi pelayanan kependudukan di kantor desa yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lombok Utara. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan induktif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan faktor pendukung penerapan inovasi pelayanan kependudukan di kantor desa antara lain : Penerapan inovasi memiliki strategi dan keunggulan, Inovasi yang dilakukan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh masyarakat, Ketercapaian pelayanan kependudukan terus meningkat, Motivasi dari pimpinan yang dilakukan terus menerus, Penggunaan aplikasi memudahkan proses pelayanan. Sedangkan faktor penghambat antara lain: Kurangnya sosialisasi kepada masyarakat, Intensitas pelayanan yang terlalu sedikit dan Prosedur Pelayanan kurang optimal, Keterbatasan Sarana dan Prasarana, Kompetensi Pegawai masih rendah, Tidak ada Penghargaan dan Insentif bagi Pegawai yang berprestasi, Stabilitas Internet dalam Pelayanan kurang optimal.

References

Arikunto, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dwiyanto, Agus, 2010 Manajemen Pelayanan Publik: Peduli, Inklusif dan Kolaboratif. Yogyakarta: Gajah Mada University Press

Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Noor, Irwan 2013, Desain Inovasi Pemerintahan Daerah, Malang: Universitas Brawijaya Press

Pradnya, paramita, Zuhal, 2013, Gelombang Ekonomi Inovasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Sugiyono 2012. Metode Penelitian Kuantitaf, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Thenint, Hugo, 2010 Mini Study 10 innovation in the public sector. Global Review of Innovation Intelligence and Policy Studies

Wasistiono, Sadu dan Simangunsong, Fernandes 2015, Metodologi Ilmu Pemerintahan. Sumedang: IPDN Press

Winarsih, Atik dan Ratminto, 2005, Manajemen Pelayanan, Disertai dengan Pengembangan Model Konseptual, Penerapan citizens Charter dan Standar Pelayanan Minimal. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik

Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Adminstrasi Kependudukan

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi no 30 Tahun 2014 Tentang Pedoman Inovasi Pelayanan Publik

Program 99 hari Bupati terpilih Kabupaten Lombok Utara 2016

Surat Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan sipil Kabupaten Lombok Utara Nomor 22/Dukcapil/KLU/2016 Perihal Pelayanan Kependudukan dan Catatan Sipil.

Published

2023-05-31

How to Cite

Asbur Hidayat. (2023). Analisis Faktor Pendukung dan Penghambat Penerapan Inovasi Pelayanan Kependudukan di Kantor Desa oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lombok Utara: Analysis of Supporting and Inhibiting Factors in Application Innovations of Population Service at the Village Office by the Department of Population and Civil Registration of North Lombok Regency. JURIDICA : Jurnal Fakultas Hukum Universitas Gunung Rinjani, 4(2), 4–14. https://doi.org/10.46601/juridicaugr.v4i2.221