Analisis Faktor Pendukung dan Penghambat Penerapan Inovasi Pelayanan Kependudukan di Kantor Desa oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lombok Utara
Analysis of Supporting and Inhibiting Factors in Application Innovations of Population Service at the Village Office by the Department of Population and Civil Registration of North Lombok Regency
Keywords:
Inovasi,Pelayanan Kependudukan, Pencatatan SipilAbstract
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lombok Utara merupakan Dinas yang yang bertanggung jawab dalam melakukan pelayanan kependudukan, sehingga dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat menerapkan inovasi pelayanan kependudukan dengan pelayanan dari Desa. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan inovasi pelayanan kependudukan di kantor desa yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lombok Utara. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan induktif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan faktor pendukung penerapan inovasi pelayanan kependudukan di kantor desa antara lain : Penerapan inovasi memiliki strategi dan keunggulan, Inovasi yang dilakukan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh masyarakat, Ketercapaian pelayanan kependudukan terus meningkat, Motivasi dari pimpinan yang dilakukan terus menerus, Penggunaan aplikasi memudahkan proses pelayanan. Sedangkan faktor penghambat antara lain: Kurangnya sosialisasi kepada masyarakat, Intensitas pelayanan yang terlalu sedikit dan Prosedur Pelayanan kurang optimal, Keterbatasan Sarana dan Prasarana, Kompetensi Pegawai masih rendah, Tidak ada Penghargaan dan Insentif bagi Pegawai yang berprestasi, Stabilitas Internet dalam Pelayanan kurang optimal.
References
Arikunto, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dwiyanto, Agus, 2010 Manajemen Pelayanan Publik: Peduli, Inklusif dan Kolaboratif. Yogyakarta: Gajah Mada University Press
Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Noor, Irwan 2013, Desain Inovasi Pemerintahan Daerah, Malang: Universitas Brawijaya Press
Pradnya, paramita, Zuhal, 2013, Gelombang Ekonomi Inovasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Sugiyono 2012. Metode Penelitian Kuantitaf, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Thenint, Hugo, 2010 Mini Study 10 innovation in the public sector. Global Review of Innovation Intelligence and Policy Studies
Wasistiono, Sadu dan Simangunsong, Fernandes 2015, Metodologi Ilmu Pemerintahan. Sumedang: IPDN Press
Winarsih, Atik dan Ratminto, 2005, Manajemen Pelayanan, Disertai dengan Pengembangan Model Konseptual, Penerapan citizens Charter dan Standar Pelayanan Minimal. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik
Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Adminstrasi Kependudukan
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi no 30 Tahun 2014 Tentang Pedoman Inovasi Pelayanan Publik
Program 99 hari Bupati terpilih Kabupaten Lombok Utara 2016
Surat Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan sipil Kabupaten Lombok Utara Nomor 22/Dukcapil/KLU/2016 Perihal Pelayanan Kependudukan dan Catatan Sipil.
Published
How to Cite
Issue
Section
JURIDICA : Jurnal Fakultas Hukum Universitas Gunung Rinjani dilisensikan dengan CC BY-NC-ND 4.0© 2 by Universitas Gunung Rinjani